Manfaat Memakai Pelembab Wajah

by - April 14, 2016

manfaat pelembab wajah, pelembab wajah, moisturizer, moisturizing product

Blog dr.Dini - Manfaat memakai pelembab wajah pada prinsipnya adalah mencegah terjadinya penguapan air yang berlebihan dari kulit wajah yang akan berefek pada kekeringan kulit.

Keadaan kulit sangat tergantung pada kadar air di dalamnya yang membuat penampakan kulit lembut, elastis, dan kenyal.

Pada kulit wajah yang mengandung 20% air dari jumlah seluruh kandungan air yang terdapat dalam tubuh kita. Dan 2/3 bagian dari tubuh kita mengandung air.


Hampir seluruh cairan dalam tubuh kita berada di bawah lapisan dermis kulit, yang harus didistribusikan ke lapisan terluar kulit kita, yaitu epidermis.

Pada beberapa keadaan, cairan yang terdapat di lapisan epidermis kulit mudah menguap, padahal kulit membutuhkan waktu untuk mengambil air dari lapisan dermis ke lapisan epidermis untuk melembabkan kulit wajah yang kekurangan air akibat penguapan tersebut.

Nah. di sinilah manfaat memakai pelembab wajah untuk kesehatan kulit kita.

Sebenarnya kulit juga mempunyai pertahanannya sendiri untuk melindungi kadar air dalam dirinya , dengan cara sbb :

1. Kelenjar sebasea akan menghasilkan minyak alami kulit yang bermanfaat untuk melapisi lapisan terluar epidermis kulit agar penguapan air dari kulit dapat berkurang,

2. Sel kulit mempunyai faktor pelembab alami kompleks yang disebut sebagai Natural Moisturizing Factors (NMF), yang memungkinkan terjadinya kelembaban sampai di dalam sel kulit,

3. Lemak yang terdapat di antara sel-sel kulit membentuk penghalang agar tidak terjadi penguapan di lapisan terluar kulit.

Namun, tingkat kelembaban alami kulit wajah ini makin lama makin menurun. Kita tetap membutuhkan manfaat dari memakai pelembab wajah.

Produk pelembab wajah sangat membantu untuk menjaga kadar minyak alami tetap bertahan di dalam kulit. Manfaat pelembab wajah ini disebabkan karena produk pelembab wajah mampu "mengunci" minyak alami kulit wajah agar tidak mudah menguap.

Sehingga kulit akan terlindungi dari kekeringan akibat penguapan air yang berlebihan.
Manfaat pelembab wajah untuk kesehatan kulit ini didapat dari bahan pembuatannya yang berupa emulsi minyak di dalam air.

Kandungan air yang terdapat dalam pelembab wajah berfungsi mengembalikan hilangnya kelembaban yang hilang dari permukaan kulit wajah.

Sedangkan kandungan minyak yang terdapat dalam pelembab wajah berfungsi melindungi agar tidak terjadi penguapan air di permukaan kulit.

MANFAAT PELEMBAB WAJAH LAINNYA ADALAH SBB :

1. Untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat efek buruk lingkungan,

2. Melembutkan kulit,

3. Mengurangi risiko terjadinya kulit sensitif,

4. Memberikan perlindungan kulit terhadap efek buruk pemakaian kosmetik,

5. Melembabkan kulit,

6. Membuat kulit wajah lebih kenyal,

7. Meminimalisir terjadinya kerutan-kerutan pada kulit wajah,

8. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari jika pelembab mengandung tabir surya juga,

9. Membantu memperbaiki kesehatan kulit karena pada pelembab wajah biasanya juga mengandung vitamin E dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kulit.

Walaupun jenis kulit kita berminyak, disarankan tetap memakai pelembab. Pelembab yang digunakan harus sesuai dengan jenis kulit kita.

Manfaat memakai pelembab wajah pada kulit berminyak juga dapat dirasakan, karena pada jenis kulit berminyak pun dapat terjadi penguapan air yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

Inilah informasi tentang Manfaat Memakai Pelembab Wajah.  

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.