Makanan Untuk Meningkatkan Kadar Hemoglobin Darah

by - April 15, 2016


makanan penambah hemoglobin, makanan tambah Hb

Web Bunda - Bunda, hemoglobin adalah suatu protein kaya zat besi yang terdapat dalam sel darah merah, yang berfungsi untuk mengikat dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Hemoglobin mengangkut oksigen dari paru-paru ke organ-organ tubuh lain sehingga organ-organ tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Hemoglobin juga membantu mengangkut zat sisa metabolisme tubuh, yaitu karbondioksida, dari organ-organ ke paru-paru.

Mengingat Hemoglobin sangat penting peranannya, kita perlu memperhatikan kadar Hemoglobin ini agar dalam kisaran normal.


Kadar Hemoglobin normal pria dewasa adalah 14-18 mg/dl sedangkan untuk wanita dewasa 12-16mg/dl. Untuk wanita hamil, kadar Hemoglobin normal adalah di atas 11 mg/dl.

Penurunan kadar Hemoglobin di bawah batas normal disebut Anemia. Menurut Tarwoto,dkk, 2007 : 30, Anemia adalah kondisi dimana berkurangnya sel darah merah dalam sirkulasi darah atau massa Hemoglobin, sehingga tidak mampu memenuhi fungsinya sebagai pembawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Ketika Hemoglobin rendah, gejala lemah, letih, lesu muncul, disertai pusing, sakit kepala, denyut jantung berdetak cepat, kuku rapuh, kulit pucat, sesak nafas, dan kurang nafsu makan.

Anemia lebih sering terjadi pada kehamilan atau pada wanita haid. Namun dapat pula karena menu makanan yang kurang memadai, seperti kekurangan nutrisi zat besi, asam folat, vitamin C, dan vitamin B12.

Kasus lain yang dapat menyebabkan anemia adalah perdarahan pasca trauma (kecelakaan), operasi, terlalu sering donor darah, penyakit yang mempengaruhi sumsum tulang, penyakit ginjal, artritis, diabetes, sakit maag (gastritis), atau kanker.

Meskipun terdapat berbagai jenis obat untuk meningkatkan kadar Hemoglobin darah, menu diet yang memadai dapat pula meningkatkan kadar Hemoglobin secara alami.

Makanan yang dapat meningkatkan kadar Hemoglobin darah adalah :

1. Diet Kaya Zat Besi

    Penyebab paling umum anemia adalah kekurangan zat besi. Besi merupakan unsur penting dalam produksi Hemoglobin.

    Daging merah, udang, hati, bayam, tahu, almond, kerang, dan asparagus merupakan makanan yang kaya zat besi.

2. Makanan Sumber Vitamin C

    Vitamin C terdapat pada buah jeruk, lemon, pepaya, stroberi, tomat, sayur bayam, paprika, dan brokoli. Vitamin C membantu zat besi agar mudah terserap tubuh.


3. Asam Folat

    Asam folat diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah. Makanan sumber asam folat adalah sayuran berdaun hijau, hati, padi, kecambah, sereal, kacang, pisang, brokoli, dan hati.


4. Buah Bit

    Buah Bit sangat dianjurkan pada anemia, untuk meningkatkan Hemoglobin darah.


5. Apel

    Satu buah apel sehari dapat membantu mempertahankan kadar Hemoglobin. Apel kaya akan zat besi. Bila memungkinkan, makanlah apel dengan kulitnya.


6. Delima

    Buah delima kaya akan zat besi dan kalsium. Buah delima mempertahankan kadar Hb dan memperlancar aliran darah.


Jika kadar Hemoglobin darah tetap rendah, konsultasikan dengan Dokter, Bunda , untuk mencari penyebab apa yang menimbulkan anemia, sehingga dapat dilakukan pengobatan anemia sesuai dengan penyebabnya.

Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.