Jika Persediaan Vaksin Kosong

by - April 28, 2016

Blog dr.Dini - Jika persediaan vaksin kosong, apa yang harus dilakukan? Misalnya, seperti saat sekarang ini, sudah beberapa minggu berjalan, persediaan vaksin kombo DaPT, Hib, dan Polio yang tidak menimbulkan efek demam, KOSONG.


Bahkan beberapa RS yang Saya kunjungi mengatakan hal yang sama bahwa vaksin ini tidak diproduksi atau didistribusi untuk sementara waktu dan entah sampai kapan vaksin tersebut dapat tersedia lagi.

Ini tidak menjadi masalah jika, Anak kita masih berusia 2 bulan. Imunisasi DPT, Hib, Polio untuk anak berusia 2 bulan merupakan imunisasi kombonya yang pertama kali (sebelumnya imunisasi polio sudah diberikan ketika lahir).



Berbeda untuk anak yang sudah mendapatkan vaksin kombo DaPT, Hib, Polio sebelumnya. Misalnya, jika usia anak kita 4 bulan, berarti ini adalah jadwal imunisasi DPT, Hib, Polio nya yang kedua.

Artinya, anak kita akan mendapatkan vaksin dengan komposisi yang berbeda dari vaksin kombo yang diberikan sebelumnya. Pertanyaannya?

Apakah tidak masalah untuk mengganti vaksin kombo yang sudah pernah diberikan dengan vaksin kombo yang lain ?

Sebenarnya dalam pemberian vaksinasi, misalnya DPT, Hib, Polio yang memerlukan 4 kali vaksinasi, yaitu pada umur 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dan 18 bulan,  lebih baik memakai jenis vaksin kombo yang sama dari pabrik vaksin yang sama pula, hingga program vaksinasi ini selesai.

Karena dengan memakai jenis vaksin kombo yang sama, diharapkan efektivitas, kekebalan, dan daya perlindungan vaksin terhadap penyakit tertentu akan bekerja secara maksimal, karena tentu saja sudah teruji hasil dari pemakaian vaksinasi tersebut.

Jika kita memakai berbagai jenis/merk yang berbeda-beda, dikhawatirkan, efek kekebalan yang didapatkan tidak sama persis dengan vaksin yang diberikan sebelumnya. Tentu saja, ini akan mempengaruhi daya kekebalan dan efektivitas vaksin.

Apa yang harus diperhatikan saat kita mengganti merk vaksin jika persediaan vaksin kosong?

Yang pertama kali diperhatikan adalah komposisi dari vaksin itu apakah berbeda ataukah sama.

Saat ini, vaksin kombo DPT,HiB, dan Polio sedang kosong, dan biasanya Dokter Spesialis Anak menyarankan vaksin kombo DPT, HiB, dan Hepatitis B.

Bagaimana jika komposisi vaksin kombo berbeda dengan vaksin kombo sebelumnya ?

Jika anak Anda berusia 4 bulan, dan sudah mendapatkan vaksin kombo  DPT, Hib, Polio sebelumnya (usia 2 bulan), maka vaksin kombo dapat diberikan untuk perlindungan penyakit DPT, Hib, dan Hepatitis B.

Lalu untuk mendapat tambahan vaksin polio yang tidak ada dalam komposisi vaksin kombo DPT, HiB, dan Hepatitis B ini, Dokter Spesialis Anak atau Bidan akan memberikan vaksin polio secara oral.

Mengenai Jadwal Imunisasi, apakah akan berubah jika diberikan vaksin kombo DPT, HiB, dan Hepatitis B?

Memang untuk jadwal imunisasi vaksin kombo DPT, HiB, dan Hepatitis B ini tentunya akan berubah, jika sebelumnya sudah mendapatkan vaksin kombo DPT, HiB, dan Polio. Konsultasikan hal ini dengan Dokter atau Bidan untuk mengetahui jadwal imunisasi berikutnya.

Kecuali jika, saat ini atau bulan depan, buah hati berusia 6 bulan, dan akan mendapatkan vaksinasi DPT, Hib, Polio, dan Hepatitis B yang ketiga, maka jadwal imunisasi bisa saja tidak berubah.

Mengingat pada usia 6 bulan, buah hati sudah mendapatkan vaksin hepatitis B pertama dan kedua sebelumnya, dengan demikian juga sudah mendapatkan vaksin DPT, Hib, Polio pertama dan kedua, jadi untuk jadwal imunisasi ketiga DPT, Hib, Polio, dan Hepatitis B dapat dilakukan dalam satu kunjungan.

Demikianlah yang harus diperhatikan jika persediaan vaksin kombo DPT, HiB, dan Polio kosong. Karena saat ini vaksin yang saya tahu, sedang kosong adalah vaksin kombo DPT, HiB, dan Polio, jadi Saya membahas lebih jauh tentang vaksin ini.

Memang selama ini buah hati Saya memakai vaksin kombo DPT, Hib, dan Polio ini, di samping tidak menimbulkan efek demam namun juga karena bentuknya kombo, ini dapat menghemat frekuensi kunjungan ke Dokter.

Sebenarnya vaksin kombo DPT, Hib, Hepatitis B ini sangat menggembirakan adanya, karena vaksin ini adalah subsidi dari Pemerintah kita.

Hanya saja, untuk DPT, Hib, Polio Ulangan yang ke-4 yaitu ketika buah hati kita berusia 18 bulan, karena ketidaktersediaan vaksin kombo DPT, Hib, dan Polio ini, buah hati kita jadinya harus disuntik untuk DPT dan untuk Hib secara terpisah.

Karena pada usia 18 Bulan, tidak ada jadwal untuk imunisasi Hepatitis B Ke-4, jadi rasanya kurang tepat jika diberikan imunisasi dengan vaksin kombo DPT, HiB, dan Hepatitis B pada usia 18 Bulan ini.

Inilah yang Saya lakukan jika persediaan vaksin kosong. 

Bagaimana dengan Anda?

 











You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.