Cara Merawat Kulit Wajah Yang Berjerawat Agar Jerawat Cepat Hilang

by - April 14, 2016

Blog dr.Dini - Cara merawat kulit wajah yang berjerawat agar jerawat cepat hilang sangat penting untuk diketahui, mengingat kulit wajah berjerawat jelas sangat berpengaruh pada penampilan. 

wajah berjerawat, acne

 Bukan saja secara estetika, namun jerawat juga mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Jerawat yang muncul pada kulit selalu disertai dengan tanda-tanda peradangan, seperti adanya benjolan, rasa panas, rasa nyeri, adanya iritasi kulit /kemerahan, bahkan infeksi (nanah dalam jerawat).

Sebenarnya apa yang menyebabkan timbulnya jerawat?

Penyebab timbulnya jerawat adalah :
  1.  Adanya sebum/minyak berlebihan,
  2. Adanya sumbatan dalam pori-pori kulit,
  3. Adanya bakteri/kuman, dan
  4. Faktor hormonal.
Lalu, bagaimana cara merawat kulit wajah yang berjerawat agar jerawat cepat hilang ?

Inilah Cara Merawat Kulit Wajah Yang Berjerawat Agar Jerawat Cepat Hilang .


1. JANGAN TERLALU SERING MENCUCI WAJAH


Meskipun kulit wajah sangat berminyak dan berjerawat, bukan berarti baik jika sering mencuci wajah. Mencuci wajah yang dianjurkan adalah 2-3 x sehari. Don't over cleansing.

Mencuci wajah terlalu sering malah akan mengiritasi kulit Anda, menimbulkan kekeringan pada kulit yang berlebihan, dan menimbulkan masalah baru bagi kulit.

2. CUCI WAJAH DENGAN PEMILIHAN PRODUK YANG TEPAT


Jika boleh memilih antara sabun batang atau sabun cair, maka pilihlah sabun yang berbentuk batang yang khusus untuk kulit wajah berminyak. Mengapa? Karena sabun batang lebih efektif membersihkan minyak yang menempel pada wajah.

Untuk mengatasi sumbatan pada pori-pori wajah, pilihlah produk pembersih wajah yang mengandung AHA (Alfa Hidroksi Acid) . Jika sulit untuk mendapatkan produk ini di pasaran, maka Anda dapat mengkonsultasikannya dengan Dokter Estetika Medik.

Biasanya produk pembersih wajah yang berbahan dasar Tea Tree Oil itu bersifat antiseptik dan antiinflamasi yang diformulasikan khusus untuk meringankan peradangan pada jerawat.

Sedangkan untuk penyegar yang cocok untuk kulit berjerawat adalah penyegar yang mengandung alkohol tingkat tinggi seperti astringent.

3. MEMILIH OBAT JERAWAT


Salep obat jerawat yang mengandung Benzoil Peroksidase biasanya sangat ampuh untuk melenyapkan jerawat. Namun, hasil yang didapatkan tentu berbeda antar individu, mengingat faktor hormon juga mempengaruhi timbulnya jerawat pada seseorang.

4. MEMILIH PELEMBAB YANG COCOK


Pelembab yang cocok untuk kulit yang berminyak dan berjerawat adalah pelembab wajah yang bebas minyak, atau biasa tertulis di kemasan produk pelembab oil-free.

Pelembab tidak dipakai setiap hari, dan biasanya dipakai untuk kulit berjerawat yang sedang mengalami iritasi.

5. LAKUKAN SCRUBBING DAN FACIAL MASK MINIMAL SATU KALI SEMINGGU


Mencuci wajah dengan scrub satu kali seminggu sangat baik untuk mengatasi sumbatan minyak pada pori-pori wajah.

Mengapa hanya dianjurkan satu kali seminggu untuk scrubbing?

Karena scrubbing yang terlalu sering akan mengikis lapisan luar kulit sehat. Kulit akan mudah teriritasi dan mengalami peradangan. Ini tidak baik bagi kesehatan kulit.

Setelah scrubbing sangat dianjurkan untuk memakai masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, dalam hal ini masker khusus untuk wajah berjerawat.

6. PERAWATAN DENGAN DAUN SIRIH


Daun sirih dapat membantu mengatasi jerawat.

Inilah cara merawat kulit wajah yang berjerawat agar jerawat cepat hilang.

Semoga bermanfaat.







You May Also Like

1 komentar

  1. Menggunakan bahan alami lebih aman dalam merawat kulit wajah.. ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.