Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

by - April 14, 2016


Blog dr.Dini - Wajah yang dirawat tentunya tidak terlepas dengan produk pembersih wajah. Karena Proses pembersihan wajah adalah mutlak diperlukan untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit.

Ada berbagai macam jenis pembersih wajah di antaranya :
  1. Susu pembersih,
  2. Krim pembersih,
  3. Lotion pembersih, dan
  4. Sabun pembersih (batang).
Sebaiknya produk pembersih wajah manakah yang Bunda pilih? Inilah produk pembersih wajah yang patut Bunda pilih sesuai dengan jenis kulit.


1. SUSU PEMBERSIH / CLEANSING MILK

Susu pembersih merupakan emulsi minyak dan air dengan kadar air yang lebih tinggi dari minyak, sehingga susu pembersih mempunyai konsistensi cair.

Susu pembersih sangat baik digunakan bagi Sobat yang memiliki jenis kulit kering yang cenderung sensitif dan rapuh.

Penggunaan susu pembersih biasanya dilengkapi dengan produk penyegar wajah berupa toner.

Susu pembersih yang khusus untuk kulit sensitif biasanya berupa hypoalergenic product, yang tidak  mengandung bahan-bahan minyak mineral, alkohol, dan lanolin.

2. KRIM PEMBERSIH / CLEANSING CREAM

Krim pembersih adalah kebalikan dari susu pembersih. Krim pembersih justru mengandung minyak lebih banyak dari air. Sehingga konsistensi krim pembersih lebih kental dari susu pembersih.

Krim pembersih ini biasa kita kenal dengan massage cream. Krim pembersih ini memang biasa digunakan saat dilakukan pemijatan wajah, totok wajah, atau yang biasa dikenal totok aura.

Selain untuk pemijatan, krim pembersih ini juga digunakan untuk pembersihan wajah yang lebih dalam (deep cleansing) yang sangat baik untuk jenis kulit yang sangat kering.

3. LOTION PEMBERSIH / CLEANSING LOTION 

Lotion pembersih yang dimaksud adalah sabun pembersih wajah cair. Busa dari lotion pembersih sangat lembut karena merupakan perpaduan antara sabun dan air.


Untuk produk lotion pembersih biasanya sudah diberikan bahan-bahan tambahan yang telah diseleksi untuk perawatan wajah sesuai dengan jenis kulit Anda.

Pembersih wajah cair ini sangat digemari terutama bagi Sobat yang berkepribadian praktis, yang senang membersihkan wajah dengan air dan sabun saja.

Namun sabun wajah cair ini tidaklah cukup jika digunakan untuk membersihkan wajah yang full make-up terutama tata rias yang berbahan dasar minyak.

Jadi tetap lebih baik menggunakan susu pembersih atau krim pembersih terlebih dahulu sebelum memakai sabun cair agar sisa kosmetik dapat terangkat sempurna dari wajah.

4.SABUN BATANGAN / CLEANSING BAR 


Sabun batangan untuk membersihkan wajah bersifat 'iritatif' sehingga tidak cocok untuk jenis kulit sensitif. Sifat iritatif sabun batang ini sangat berguna untuk mengikis kelebihan minyak pada wajah Sobat, sehingga sabun batang sangat cocok untuk kulit berminyak.

Sabun batang yang diformulasikan untuk wajah mempunyai PH 5,5-5,6 yang sesuai dengan derajat keasaman kulit. Oleh karena itu sifatnya sangat berbeda dengan sabun batang biasa yang diformulasikan untuk tubuh.

Sabun batang untuk tubuh memiliki PH basa sehingga tidak cocok jika dipakai pada wajah yang memiliki PH asam.

Semoga bermanfaat, ya, Bunda.



You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.