Cara Membuat Ramuan Herbal Sendiri

by - April 14, 2016

ramuan herbal, infus water, ramuan herbal sendiri

Blog dr.Dini - Cara membuat ramuan herbal sendiri untuk tujuan pengobatan tidaklah serumit yang dibayangkan, Sobat. 

 

Anda dapat membuat ramuan herbal sendiri dengan peralatan sederhana yang ada di dapur Anda.

 

Inilah cara membuat ramuan herbal sendiri di rumah :

 

1.  Infus Water

 

Caranya adalah dengan merendam tanaman herbal yang Anda inginkan ke dalam air panas yang baru mendidih, selama 5-10 menit. Takaran ramuan herbal : 1/2 - 1 ons dengan 500 cc air yang baru mendidih.

Cara ini bertujuan agar komposisi aktif dari tanaman herbal dapat diekstraksi. Cara pembuatan ramuan herbal seperti ini hampir sama dengan menyeduh teh herbal.

2. Cold Extract

 

Caranya adalah dengan merendam tanaman herbal dalam air dingin selama 8 - 12 jam lalu kemudian langsung diminum.

Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya penguapan zat aktif dari jenis tanaman herbal yang mudah menguap.

3. Jus

 

Cara ini sangat mudah yaitu hanya cukup mencampurkan tanaman herbal dan air ke dalam blender. Jika sudah halus, saring dengan menekan ampasnya sampai ampasnya benar-benar kering. Setelah itu, segera diminum.

Tujuannya untuk mengeluarkan seluruh zat aktif yang terdapat dalam tanaman herbal.

4. Direbus

 

Ramuan herbal dengan cara direbus kita kenal dengan nama JAMU GODOKAN. Sebaiknya rebus air dulu sampai mendidih, setelah itu masukkan tanaman herbal, rebus selama 4 menit. 

 

Tanaman herbal yang direbus biasanya berupa akar-akaran, batang, kayu, atau kulit

 

Dianjurkan merebus tanaman herbal dengan alat masak yang terbuat dari keramik atau stainless steel, jangan yang terbuat dari alumunium.

5.Membuat Sirup

 

Cara membuat sirup dari tanaman herbal pada prinsipnya sama dengan merebus. Caranya masukkan tanaman herbal sebanyak kurang lebih 1,5 kg, gula merah/gula aren, dalam air yang mendidih sebanyak 1/2 liter.

Biarkan mendidih lama sampai tercapai kekentalan sirup yang diinginkan.

Inilah berbagai cara membuat ramuan herbal sendiri di rumah. Perlu diingat, sebaiknya gunakan peralatan dapur yang terbuat dari keramik atau kaca untuk menampung ramuan herbal, jangan gunakan peralatan dari logam.

Untuk memasak/merebus, boleh menggunakan peralatan logam stainless steel jika tidak ada alat masak yang terbuat dari keramik. Dan jangan pernah menggunakan alat masak yang terbuat dari alumunium. 

Keuntungan membuat ramuan herbal sendiri adalah kita bisa mengkonsumsi herbal yang fresh, dan tentu saja dijamin tanpa bahan pengawet. Tentu manfaatnya pun langsung dapat dirasakan setelah meminumnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya, Bunda.


 


 

 

 


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.