Bunda Pencinta Kopi ? Ini Dampak Positif Kopi Bagi Kesehatan

by - April 15, 2016

dampak positif kopi

Web Bunda - Halo, Bunda. Apakah Bunda pencinta kopi?  Tahukah, Bunda, bahwa minum kopi setiap hari dapat mempunyai dampak yang positif bagi kesehatan. Dan jika konsumsinya tidak berlebihan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Minum kopi 2-4 gelas per hari biasanya tidak menimbulkan efek samping, kecuali pada mereka yang sudah mengalami gangguan pada organ pencernaan, lambung misalnya.

Apa saja efek positif minum kopi 2-4 gelas per hari terhadap kesehatan


1. MENGURANGI ANGKA KEJADIAN KANKER PAYUDARA

Journal 'Breast Cancer Research' mempublikasikan hasil penelitiannya pada bulan Mei 2011 tentang kopi dan hubungannya dengan angka kejadian kanker payudara.

Ternyata wanita yang meminum 5 cangkir atau lebih kopi mempunyai angka kejadian kanker payudara lebih rendah 57% terkait dengan perkembangan estrogen receptor-negative breast cancer dibandingkan dengan wanita yang hanya minum 1 cangkir kopi atau kurang dalam  satu hari.

2. MENCEGAH TIMBULNYA STROKE

Menurut jurnal American Heart Association yang dipublikasikan Maret 2011, minum kopi paling sedikit 1 cangkir perhari dapat mencegah stroke.

Hasil penelitian di swedia juga menyatakan hal tersebut. Penelitian dilakukan pada 34.670 wanita yang meminum kopi 1 cangkir perhari lalu diteliti kembali 10 tahun kemudian.

Hasilnya adalah bahwa wanita yang meminum kopi paling sedikit 1 cangkir per hari lebih sedikit terserang stroke yaitu hanya 25% dibandingkan wanita yang tidak meminum kopi atau meminum kopi kurang dari 1 cangkir sehari.

Meskipun penelitian dilakukan pada wanita namun hasil yang sama juga didapatkan pada laki-laki.

3. MENGURANGI RISIKO DIABETES

Konsumsi kopi 4 cangkir sehari dapat menurunkan risiko terjadinya diabètes melitus tipe II sebanyak 56%, menurut The Journal of Diabetes Januari 2011.

Peneliti yang berasal dari University of California, Los Angeles melakukan penelitian pada 359 wanita sehat dan 359 wanita yang menderita diabetes melitus tipe II.

Hasilnya bahwa kopi meningkatkan produksi hormon seks yang terikat globulin Sex Hormone-Binding Globulin (SHBG) dimana keterkaitan antara hormon tersebut dan diabetes melitus tipe II adalah bila SHBG kadarnya meningkat dalam darah maka risiko terjadinya diabetes melitus tipe II menurun.

4. MENINGKATKAN FUNGSI OTAK

Pada tahun 2010 dilakukan penelitian pada tikus. Tikus diberikan kopi lalu tikus tersebut distimulasi untuk menjadi penderita Alzheimer.

 Hasil penelitiannya dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer Disease yaitu bahwa tikus yang diberikan kopi menunjukkan progresi yang lambat akan Alzheimer atau malah penyakit Alzheimer tersebut tidak berkembang sama sekali.

5. MENURUNKAN RISIKO KANKER PROSTAT

Nah, ini, dampak positif minum kopi untuk suami-suami kita. Meminum kopi secara teratur setiap hari berhubungan dengan penurunan angka kejadian kanker prostat yang mematikan menurut penelitian dalam jurnal 'The National Cancer Institute' bulan Mei 2011.

Semoga bermanfaat, ya, Bunda.


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.