Benarkah Durian Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil?

by - April 15, 2016

ibu hamil boleh makan durian

Web Bunda - Durian mendapat julukan the king of fruit, karena mengandung zat gizi yang lengkap dibandingkan dengan buah yang lain, yaitu durian mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riboflavin, omega 3, omega 6, phytonutrient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, tryptophan, dan zat gizi utama seperti karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh.

Berdasarkan hasil riset Department of Pharmacology and Toxicology, School of Medicine, State University of Newyork di Bufallo,  durian mengandung zat phytosterol yang berfungsi untuk memperbaiki reaksi antitumor pada tubuh, memperbaiki daya tahan tubuh terhadap serangan kanker, dan membantu menghambat pertumbuhan tumor.

Menurut peneliti dari Ohio State University, durian mampu mematikan zat penyebab kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, dengan phytonutrient yang terkandung di dalamnya.

Durian juga kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C pada durian mencapai 200mg/100 gram daging buah. Itu merupakan angka tertinggi kandungan vitamin C pada buah.

Pertanyaannya adalah benarkah durian tidak boleh dimakan ibu hamil, Bunda?



Durian sebenarnya tidak memiliki dampak langsung pada kehamilan bunda namun pada durian itu terkandung dua zat,  asam arachidonat dan alkohol.Asam arachidonat dapat merangsang terjadinya kontraksi rahim yang menginduksi terjadinya keguguran atau lahir prematur.

Alkohol yang dikonsumsi saat hamil dapat menyebabkan pertumbuhan janin terhambat dan berat badan lahir rendah.
 
Namun ibu hamil boleh makan durian, asalkan :

1. Buah durian masih dalam keadaan segar dan bersih. Produk olahan berbahan dasar durian misalnya tempoyak. Tempoyak cara pengolahannya tidak bersih (tidak higienis) jadi konsumsinya dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

2. Konsumsi durian tidak dalam jumlah berlebihan, misalnya mengkonsumsi setengah buah utuh sudah cukup.

3. Waktu mengkonsumsinya perlu diperhatikan.

Makan buah durian pada malam hari atau pagi hari dapat mengganggu pencernaan karena pada malam hari atau pagi hari tingkat keasaman lambung sedang tinggi. Gangguan pencernaan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap distribusi zat gizi yang dibutuhkan bayi.

 Jadi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi buah durian, haruslah memperhatikan tingkat kesegaran, kebersihan, dan seberapa banyak porsi buah tersebut.

Semoga bermanfaat ya, Bunda.



   
   

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.