Awet Muda : Efek Anti Aging Akupunktur

by - April 12, 2016


Blog dr.Dini - Seiring berkembangnya cabang ilmu kedokteran Anti Aging Medicine, Gerontologi, dan Geriatri, harapan hidup seseorang makin meningkat, yang dapat mempengaruhi bertambahnya jumlah lansia.

Anti Aging Medicine adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari:
     1. mengenai proses penuaan yang terjadi,
     2. bagaimana mencegah penyakit terkait penuaan,
     3. bagaimana mengobati penyakit, dan
     4. bagaimana menghambat proses penuaan.

Sehingga seseorang bukan saja panjang umur namun juga sehat lahir dan batin di usia tuanya.

Terapi akupunktur merupakan salah satu strategi untuk menghambat penuaan.
Sejak zaman dahulu, pada masa sebelum Masehi, pengobatan akupunktur untuk tujuan anti aging atau kosmetik sudah dilakukan, hanya saja yang dapat menikmati terapi akupunktur facelift ini cuma ratu dan selir-selir raja.

Ratu dan selir-selir raja melakukan terapi akupunktur untuk mengobati berbagai macam penyakit, mencegah timbulnya kulit yang keriput, kelihatan awet muda, dan panjang umur.

Pada saat itu, terapi akupunktur adalah simbol kemewahan.

Teori dan pengobatan akupunktur untuk tujuan kosmetika atau anti aging ini ditemukan dan diwariskan dalam buku Huang Di Nei Jing .

Dalam buku tersebut, disebutkan efek usia pada penampakkan kulit, keadaan yang mempengaruhi proses penuaan, dan teknik pengobatannya yang meliputi akupunktur, moksibusi, pemijatan wajah yang saat ini dikenal dengan sebutan totok wajah atau akupresur wajah, dan qi gong.

Memang beberapa titik akupunktur dinyatakan mempunyai efek anti aging. Perangsangan pada titik-titik akupunktur ini dalam beberapa hari akan membuat seseorang tampak lebih muda.

Moksibusi atau penghangatan oleh moxa dikatakan dapat memperpanjang umur jika dilakukan secara rutin pada titik-titik akupunktur tertentu.

Bukan hanya efek anti aging untuk kecantikan / kosmetika saja, Akupunktur terbukti efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan terkait usia lanjut (Evidenced based research).

Bagaimana cara kerja akupunktur untuk menimbulkan efek anti aging untuk kesehatan dan kosmetika?

Akupunktur mempunyai efek anti aging melalui mekanisme kerja :
  1. menghambat proses peradangan,
  2. menghambat adanya kerusakan sel akibat radikal bebas,
  3. menghambat kerusakan sel akibat regulasi daya tahan tubuh,
  4. mempengaruhi metabolisme lemak yang kurang menguntungkan bagi tubuh,
  5. memperlancar sirkulasi darah,
  6. menyeimbangkan kinerja hormon,
  7. menghambat pemendekkan telomere,
  8. dan berbagai mekanisme biomedik lain yang masih perlu diteliti lagi.
Mungkin timbul pertanyaan dalam benak Anda, apa itu telomere?

Telomere adalah bagian ujung dari kromosom manusia, yang dalam penelitian terbaru Anti Aging Medicine , mempunyai hubungan yang jelas antara manusia yang berumur panjang dengan proses pemendekan telomer yang diperlambat.

Akupunktur pada titik-titik tertentu dapat memperlambat pemendekkan telomere pada sel otak, yang merupakan salah satu mekanisme kerja akupunktur sebagai anti aging pada tingkat genetika.

Ini yang membuat Saya terpesona dengan efek anti aging akupunktur. Akupunktur mempengaruhi proses penuaan sampai ke tingkat genetika.

Di samping itu, akupunktur bisa meredakan stres dengan mekanisme kerjanya membantu tubuh mengeluarkan hormon betaendorfin, yang merupakan morfin alami tubuh, tanpa efek samping.

Beta endorfin ini membawa efek relaksasi dan perasaan tenang sehingga stres yang kita rasakan dapat jauh berkurang dan hilang.

Dengan cara meredakan stres, akupunktur mempunyai satu lagi cara kerja yang mempesona dalam menghambat proses penuaan (anti aging), mencegah penyakit hipertensi, menurunkan risiko penyakit jantung, yang sudah terbukti secara klinis.

Inilah informasi tentang Awet Muda Efek Anti Aging Akupunktur. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.