Akupunktur Kosmetik : Bagaimana, Manfaat , dan Cara Kerja

by - April 14, 2016

akupunktur kosmetik

Blog dr.Dini - Selain untuk pengobatan, terapi akupunktur juga dapat menjadi pilihan untuk merawat kecantikan, loh.

Terapi akupunktur untuk tujuan kosmetik ini sudah dilakukan pada masa sebelum Masehi di negeri Tiongkok.

Saat itu, terapi akupunktur kosmetik adalah suatu kemewahan yang hanya diperuntukkan untuk ratu dan selir-selir raja.

Tujuan akupunktur kosmetik saat itu adalah berkaitan dengan proses penyembuhan untuk awet muda dan panjang umur.

Teori dan pengobatan akupunktur kosmetik yang bersejarah ini ditemukan dalam buku Huang Di Nei Jing.
Dalam buku tersebut diterangkan bahwa efek usia sangat berpengaruh pada kulit dan penampakan luar seseorang. Dalam buku itu juga diajarkan tentang teknik akupunktur, moksibusi, totok wajah, agar seseorang tampak tetap awet muda.

Akupunktur kosmetik juga diakui oleh International Journal of Clinical Acupuncture 1996, dalam penelitian pada 300 orang yang mendapat terapi akupunktur kosmetik, sangat berpengaruh penampakan luar seseorang sebanyak 98%.

Bagaimana akupunktur kosmetik ini dilakukan?

Akupunktur kosmetik ini dilakukan pada wajah dengan menggunakan jarum akupunktur yang berdiameter kecil sehingga pada sebagian besar orang tidak merasakan nyeri dan tidak timbul perdarahan pada kulit wajah.

Lama terapi akupunktur kosmetik ini 15-20 menit dengan waktu kunjungan 2 kali dalam  seminggu atau 3 hari sekali, selama 10 kali.

Apa manfaat terapi akupunktur kosmetik?

Manfaat akupunktur kosmetik yaitu :
  1. perubahan kulit menjadi lebih halus dari sebelumnya, 
  2. adanya perbaikan elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih kenyal,
  3. mengencangkan kulit yang kendur di daerah dagu (double chin),
  4. menghilangkan kerut halus (fine lines) pada wajah,
  5. mengurangi lingkaran hitam pada mata,
  6. mengecilkan pori-pori wajah, 
  7. keriput pada wajah berkurang, dan 
  8. roman muka lebih beraura, sehat, cerah, dan merona.
Hasil penelitian yang dilaporkan oleh Kyung Hee University Hospital terhadap 50 orang wanita yang berumur 40-50 tahun, adalah bahwa wanita-wanita tersebut mendapatkan perbaikan kekenyalan kulit wajah setelah diterapi akupunktur kosmetik sebanyak 5 kali, selama 2,5 minggu.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akupunktur kosmetik menunjukkan hasil yang menjanjikan sebagai terapi elastisitas wajah.

Bagaimana cara kerja akupunktur kosmetik terhadap kecantikan?

Nozomi Donoyama dkk melaporkan kasus pasien yang menyimpulkan bahwa akupunktur kosmetik meningkatkan kandungan air dan minyak pada kulit wajah peserta wanita yang memiliki kandungan air dan minyak lebih rendah daripada wanita lainnya yang usianya sama.

Dengan demikian, akupunktur kosmetik dapat memperbaiki penampakan kulit wajah.

Salah satu mekanisme kerja akupunktur kosmetik adalah dengan penusukan jarum akan menimbulkan efek 'trauma' mikroskopis yang justru merangsang fungsi perbaikan tubuh.

Secara alami, akibat tindakan akupunktur kosmetik terjadi proses penyembuhan dari dalam tubuh yang merangsang produksi kolagen pada titik akupunktur tersebut.

Akupunktur kosmetik juga mempengaruhi regenerasi lapisan kulit epidermis dan dermis untuk memproduksi kolagen dan protein elastin yang baru sehingga akan membuat penampakan wajah yang lebih muda.

Akupunktur kosmetik meningkatkan aliran darah ke daerah yang diakupunktur, dengan begitu akan meningkatkan asupan nutrisi kulit, oksigen, yang berdampak positif terhadap kelembaban kulit.
 
Akupunktur kosmetik juga mampu meredakan stres yang dapat mempercepat proses penuaan. Akupunktur kosmetik pada wajah juga merangsang berbagai sistem persarafan dan melepaskan hormon endorfin, serotonin, dll, yang dapat mempengaruhi emosi seseorang.

Saat emosi seseorang stabil dan tenang, aura kecantikan dalam tubuh akan terpancar dengan sendirinya.

Inilah artikel tentang Akupunktur Kosmetik : Bagaimana, Manfaat, dan Cara Kerja. Semoga bermanfaat.


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.