3 Makanan Ini Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil

by - April 22, 2016

kehamilan, embrio, bayi,

Web Bunda - Saat hamil, tentu saja kita menginginkan bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat membawa manfaat juga untuk buah hati kita. Zat nutrisi yang paling banyak diperlukan ibu hamil adalah zat besi, kalsium, dan asam folat, di samping zat gizi yang lainnya yang juga diperlukan tubuh.

Kali ini, Saya ingin berbagi jenis makanan/minuman yang kebanyakan bunda belum pernah mendengar bahwa makanan/minuman ini juga bagus sekali untuk dikonsumsi ibu hamil. 

Bunda, inilah 5 makanan/minuman yang bagus dikonsumsi ibu hamil.


1. MINYAK ZAITUN

Minyak zaitun bukan saja baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, namun juga sangat baik sekali untuk dikonsumsi setiap hari. 

Sudah banyak penelitian yang menjelaskan berbagai macam manfaat minyak zaitun jika dikonsumsi ibu hamil, di antaranya adalah sbb.
  1. Meningkatkan perkembangan refleks psikomotor bayi sejak dalam kandungan,
  2. Memerangi infeksi yang dapat menyerang bunda dan buah hati selama kehamilan,
  3. Minyak zaitun mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan fungsi penglihatan si kecil ketika ia dilahirkan nanti,
  4. Minyak zaitun mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung, jika dikonsumsi selama hamil, minyak zaitun dapat mencegah terjadinya penyakit jantung yang terkait kehamilan,
  5. Asam lemak omega 3 dalam minyak zaitun juga sangat baik untuk perkembangan si kecil, baik perkembangan fisik dan inteligennya. Konsumsi minyak zaitun selama hamil dapat meningkatkan kecerdasan anak, menjadikan ia lebih cepat menangkap pelajaran ketika ia mulai sekolah nanti.
  6. Minyak zaitun juga mempengaruhi perkembangan kognitif si kecil,
  7. Minyak zaitun berfungsi sebagai antioksidan karena mengandung vitamin E yang sangat baik untuk bunda dan si kecil, dan
  8. Mengurangi stretch marks. 
Saya banyak mendengar bahwa konsumsi minyak zaitun selama kehamilan dapat memperlancar proses persalinan. Apakah benar minyak zaitun dapat memperlancar persalinan ? Hal  ini masih harus diteliti lebih lanjut lagi, Bunda. 

Dikatakan dalam drugs.com bahwa dosis yang sudah terbukti aman adalah 25 ml sampai 40 ml. Jika bunda membeli produk herbal minyak zaitun dalam bentuk kapsul biasanya di dalam kemasan sudah tercatat dosisnya.

Saya pribadi lebih suka membeli produk minyak zaitun dalam kemasan botol, di samping awet (lama habisnya) dan juga pastinya lebih ekonomis. Saya biasa mengkonsumsi 2 sendok setiap dua hari sekali, misalnya hari senin-rabu-jumat-minggu.

Usahakan membeli produk minyak zaitun yang extra virgin ya, Bunda. Sebaiknya membeli produk ini di apotek ternama yang menjamin keasliannya.

2. KURMA

Buah kurma ini mengandung berbagai zat gizi yang sangat diperlukan saat hamil, seperti asam folat, zat besi, kalium, protein, serat, kalium, dan magnesium. Rasa buah yang sangat manis terkadang membuat ibu hamil khawatir akan dapat menyebabkan diabetes gestasional (diabetes yang terjadi dalam kehamilan).
Padahal, mengkonsumsi kurma sangat baik saat hamil, asalkan tidak terlalu banyak. Sebenarnya bukan hanya kurma yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, makanan/minuman apa pun jika dikonsumsi secara berlebihan tentu akan meninggalkan efek yang tidak baik untuk kesehatan.

Meskipun demikian, belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa kurma dapat mengganggu kesehatan ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan. Berapa banyak batasan kurma yang boleh dikonsumsi ibu hamil juga belum ada studinya. 

Sebaliknya, banyak penelitian yang sudah mengakui bahwa kurma bagus dikonsumsi ibu hamil, di antaranya adalah sbb.
  1. Sebagai pemasok energi karena kurma mengandung kalori yang tinggi dengan lemak yang rendah, baik untuk ibu hamil sebagai sumber tenaga.
  2. Protein yang terdapat dalam kurma membantu men-support perubahan tubuh ibu dalam kehamilan.
  3. Kurma mengandung magnesium yang berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Magnesium juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah ibu hamil agar tetap normal, menjaga kesehatan organ hati dan ginjal selama hamil, dan mempertahankan fungsi penglihatan ibu.
  4. Kurma mengandung elektrolit yang sangat penting fungsinya dalam tubuh kita, kalium. Kalium mengontrol tekanan darah, mempertahankan keseimbangan cairan ( ibu hamil tidak gampang mengalami pembengkakan pada kaki dan area tubuh yang lain/ edema),  dan menjaga kesehatan jantung.
  5. Zat besi dalam kurma membantu ibu hamil agar tidak mengalami anemia. Anemia adalah faktor risiko kematian ibu pasca melahirkan.
  6. Kurma juga mengandung asam folat yang sangat baik untuk perkembangan sistem saraf si kecil, mencegah terjadinya kelainan bawaan, mencegah terjadinya spina bifida dan anensefali (bayi tanpa tulang kepala).
  7. Kurma juga tinggi serat yang bagus untuk mencegah konstipasi yang sering terjadi pada saat hamil.
Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi kurma selama hamil dapat memperlancar proses persalinan. Konsumsi kurma selama hamil mempunyai pengaruh yang signifikan dalam dilatasi serviks (pembukaan leher rahim) sehingga mempercepat proses persalinan.

Konsulitasikan dengan Dokter, untuk memastikan berapa jumlah maksimal kurma yang boleh dikonsumsi untuk Bunda. Menurut Saya, mengkonsumsi 7 buah kurma setiap hari tidak akan menimbulkan masalah pada kehamilan kita.

3. MADU

Masih banyak perdebatan tentang manfaat madu untuk ibu hamil. Ini terkait dengan konsumsi madu yang bisa saja menimbulkan alergi bahkan keracunan pada ibu hamil. Namun, konsumsi madu selama hamil masih aman selama dosisnya tidak berlebihan, tidak ada penyakit penyerta sebelumnya pada ibu hamil, dan madu yang dikonsumsi steril dan organik (tanpa bahan pengawet).

Untuk bunda yang mempunyai riwayat alergi terhadap madu tidak dianjurkan mengkonsumsi madu saat hamil. Dikhawatirkan, reaksi alergi akan muncul kembali. Dan juga bunda hamil yang tidak dalam kondisi sehat jika ingin mengkonsumsi madu saat hamil, lebih baik konsultasi dahulu pada Dokter.

Mengenai madu dapat menyebabkan keracunan, ini terkait dengan adanya bakteri Clostridium botulinum, Bunda. Jadi madu yang baru dipanen itu mungkin saja tercemar bakteri ini, yang jika dikonsumsi ibu hamil dapat mengganggu kesehatan ibu dan bayinya.

Karena itu, jika Bunda ingin mengkonsumsi madu karena ingin mendapatkan manfaatnya, lebih baik membeli madu dalam kemasan yang sudah disterilkan. Dan pastikan juga madu yang Bunda beli itu sepenuhnya organik (tanpa bahan pengawet), mengingat bahan pengawet juga dapat mempengaruhi perkembangan si kecil.

Nah, tadi kita membahas hal-hal apa saya yang harus diperhatikan sebelum kita mengkonsumsi madu saat hamil. Berikut ini adalah manfaat madu jika dikonsumsi ibu hamil.

Madu bagus dikonsumsi ibu hamil karena :
  1. Mengurangi rasa mual muntah pada kehamilan muda (trimester pertama). Namun jangan mengkonsumsinya dalam jumlah banyak, Bunda, karena madu mengandung zat prostaglandin yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim. Pada kehamilan tua (mendekati proses persalinan), konsumsi madu ini baik karena dapat memperlancar kelahiran si kecil terkait zat Prostaglandin ini.
  2. Madu mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil.
  3. Madu dapat meningkatkan nafsu makan yang sangat diperlukan untuk ibu hamil agar si kecil mendapat asupan nutrisi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi ibunya.
Demikianlah, Bunda, 3 makanan yang bagus dikonsumsi ibu hamil. Tentu saja, masih banyak makanan/minuman lainnya yang sangat bagus dikonsumsi ibu hamil. Share yuk, di kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.




You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.