20 Manfaat Akupunktur Untuk Kesehatan

by - April 14, 2016

acupuncture, akupunktur, manfaat akupunktur, acupuncture benefit

Blog dr.Dini- Berbagai macam gangguan kesehatan terbukti dapat ditangani oleh terapi akupunktur melalui uji klinik terkontrol.


Pada banyak penelitian, efektivitas akupunktur dapat diperlihatkan, dan masih memerlukan pembuktian yang lebih lanjut untuk mempelajari ilmu yang sedang berkembang di manca negara ini.


Berikut 20 Manfaat Akupunktur Untuk Kesehatan :




1. NYERI


Manfaat akupunktur untuk kesehatan yang paling banyak penelitiannya dan terbukti efektif adalah nyeri. Bahkan untuk nyeri yang sudah kronis, efektivitas akupunktur setara dengan morfin sebagai anti nyeri.


Akupunktur diketahui mengeluarkan betaendorfin, suatu morfin alami dalam tubuh. Keuntungan terapi akupunktur untuk nyeri yaitu tanpa efek samping yang berbahaya dan tanpa efek ketergantungan seperti yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan morfin.


2. GANGGUAN SENDI


Manfaat akupunktur untuk kesehatan sendi adalah mengatasi masalah osteoarthritis genu (pengapuran lutut) dan Reumatoid Arthritis (Rematik), sebagai terapi tambahan, di samping pengobatan yang diberikan oleh Dokter Spesialis Ortopedi.

Terapi akupunktur membantu dalam hal kekakuan gerakan sendi dan nyeri jika gangguan sendi diakibatkan oleh kelainan tulang.


Jika gangguan sendi diakibatkan oleh malfungsi otot tanpa kelainan tulang, maka akupunktur mempunyai efek pengobatan permanen.


3. GANGGUAN KEPALA DAN LEHER


Manfaat akupunktur untuk kesehatan yang telah banyak diteliti untuk gangguan kepala dan leher adalah efektivitasnya mengatasi tension headache, migrain, dan tortikolis (salah bantal).


4. PENYAKIT ASAM URAT (GOUT)


Dari penelitian yang dilakukan secara Randomized Controlled Clinical Trials , dibuktikan manfaat akupuntur bagi kesehatan untuk mengatasi penyakit asam urat atau gout.


Terapi akupunktur mempunyai efek yang lebih baik dalam mengatasi gout daripada obat-obatan. Dengan terapi akupunktur secara rutin, akan didapatkan hasil laboratorium berupa penurunan kadar asam urat darah meskipun tanpa obat.


5. KOLIK


Manfaat akupunktur untuk kesehatan yang berkaitan dengan kolik adalah kolik kandung empedu dan kolik ginjal. Pada keadaan kolik tersebut, akupunktur bisa mengatasi nyeri kolik dalam waktu yang singkat.


Akupunktur juga efektif untuk mengatasi kolik abdomen (perut) akibat sakit lambung (gastroenteritis).


6. NYERI PASCA PEMBEDAHAN



Manfaat akupunktur untuk kesehatan juga dibuktikan secara Randomized Controlled Clinical Trials untuk mengatasi nyeri pasca pembedahan.


Akupunktur efektif mengatasi nyeri pasca pembedahan dengan cepat dan tanpa efek ketergantungan.


7. GANGGUAN GIGI


Manfaat akupunktur untuk kesehatan juga efektif pada gangguan gigi seperti rasa nyeri setelah cabut gigi dan radang jaringan penyangga gigi apical periodontitis acute.


8. PROSES MELAHIRKAN



Akupunktur membantu menghilangkan nyeri pada persalinan dan mempercepat proses kelahiran.


Akupunktur yang dilakukan pada ibu yang sedang dalam proses melahirkan akan meningkatkan kontraksi rahim sehingga membantu janin cepat dilahirkan, dengan catatan tidak ada penyulit jalan lahir seperti panggul sempit atau yang dalam bahasa medis disebut CPD (CephaloPelvic Disproportion).


9. GANGGUAN SARAF



Akupunktur sangat membantu pasien pasca stroke dengan mengatasi gangguan saraf akibat stroke. Dalam hal ini, akupunktur berperan seperti komplemen rehabilitasi yang dinilai efektif dibandingkan dengan obat-obatan dan fisioterapi.


10. INFEKSI


Manfaat akupunktur untuk kesehatan pencernaan yaitu dalam mengatasi infeksi disentri basiler. Akupunktur dapat merangsang sistem imun sehingga bisa digunakan bersama-sama dengan obat-obatan untuk mengatasi infeksi.


11. GANGGUAN SALURAN PERNAPASAN


Manfaat akupunktur untuk kesehatan pernapasan adalah mengatasi asma bronkiale, pilek karena alergi (Rhinitis Alergica), dan Tonsilitis (radang amandel).


12. PEMBEDAHAN


Pada pembedahan, akupunktur bisa dipakai untuk mengurangi dosis obat anestesi. Akupunktur untuk pembedahan diindikasikan umtuk pasien dengan respons yang baik saat pembedahan (kooperatif).


13. GANGGUAN DARAH


Pada suatu kondisi di mana sel darah putih (leukosit) kadarnya kurang dari normal, atau yang disebut leukopenia, akupunktur dapat membantu meningkatkan kadar leukosit.


14. GANGGUAN SALURAN KEMIH


Manfaat akupunktur bagi kesehatan saluran kemih adalah membantu masalah retensi urin (sulit berkemih) karena gangguan fungsional, tanpa adanya sumbatan pada saluran kemih. 

 

Misalnya kesulitan berkemih setelah melahirkan dan pasca operasi, biasanya sembuh hanya dengan 1 kali akupunktur.


15. GANGGUAN PENCERNAAN


Manfaat akupunktur untuk kesehatan pencernaan yaitu dapat mengatasi sakit maag, gastritis akut dan kronis, tukak peptik, dan IBS (Irritable Bowel Syndrome).


16. PENYAKIT KULIT

 


Manfaat akupunktur untuk kesehatan kulit yaitu mengatasi chloasma / flek hitam misalnya pada kehamilan, lebih baik jika dibandingkan dengan vitamin C dan E.


Akupunktur juga bermanfaat untuk neurodermatitis dan acne vulgaris.


17. GANGGUAN JANTUNG


Manfaat akupunktur untuk kesehatan jantung yaitu membantu mengatasi cardiac neurosis dan  psychosomatic heart disorders.

Pada penyakit jantung koroner, Akupunktur efektif menghilangkan nyeri dada karena angina pectoris.


18. GANGGUAN REPRODUKSI


Manfaat akupunktur untuk kesehatan reproduksi adalah untuk menghilangkan gejala PMS (Pre Menstrual Syndrome) dan dapat meningkatkan kesuburan wanita (menghilangkan infertilitas akibat adanya peradangan pada saluran tuba falopi).


Akupunktur juga membantu mengatasi mual muntah (Morning SIckness) pada kehamilan muda.


19. GANGGUAN PSIKIS/KEJIWAAN


Gangguan psikis yang dapat dibantu oleh akupunktur adalah alkoholisme. Sedangkan gangguan kejiwaan yang bisa diatasi dengan akupunktur adalah gangguan depresi.


20. KANKER


Akupunktur dapat menghilangkan efek samping terapi kanker radioterapi dan kemoterapi, di samping membantu menangani nyeri pada kanker. 


Tentunya masih banyak manfaat akupunktur untuk kesehatan lainnya, yang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitasnya.

Inilah artikel tentang 20 Manfaat Akupunktur Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat.

 



You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.