13 Makanan Sehat Penambah Berat Badan

by - April 12, 2016


Blog dr.Dini - Bunda, sebagian orang ingin menurunkan berat badan, sebagian orang yang lain ingin menaikkan berat badan. Karena prinsip menurunkan berat badan adalah konsumsi makanan rendah kalori dan rendah lemak, banyak orang yang salah mengartikannya bila ingin menaikkan berat badan.

Mereka berpikir memakan makanan junk food yang berkalori dan berlemak tinggi akan cepat menaikkan berat badan mereka. Mungkin benar dapat menaikkan berat badan namun diet semacam itu sangatlah tidak sehat.



Rekomendasi makanan sehat untuk menaikkan berat badan, disertai jumlah yang cukup untuk dikonsumsi tergantung kebutuhan kalori, terkait umur, jenis kelamin, aktifitas fisik, bisa disesuaikan sampai mencapai hasil yang diinginkan.

Rata-rata kebutuhan kalori orang dewasa (usia 30 tahun) di antaranya :

Wanita
- kurang aktivitas (lebih sering duduk) 1600 kalori
- aktivitas sedang 1800 kalori
- aktivitas tinggi 2400 kalori

pria
- kurang aktivitas 2000 kalori
- aktivitas sedang 2200-2400 kalori
- aktivitas tinggi 3200 kalori

Untuk menambah berat badan, kita harus mengkonsumsi 250 - 500 kalori lebih besar dari jumlah kalori yang kita butuhkan perhari.
Inilah makanan kaya gizi yang dapat menambah berat badan kita, Bunda :

1. Oatmeal

Satu porsi oatmeal 35 gram menambahkan 130 kkalori dan lebih tinggi nilai kalorinya bila dilarutkan dalam susu segar. Tambahkan ini dalam menu camilan Bunda.

2. Mentega

Untuk menaikkan berat badan, mentega sangat lamban, dan konsumsi mentega secara terus menerus tidak baik bagi kesehatan jantung Bunda.

3. Tuna

Asam lemak yang baik terkandung dalam ikan tuna yang selain dapat menambah berat badan juga dapat meningkatkan vitalitas tubuh Bunda.

4. Salmon

Konsumsi ikan salmon 2 porsi sehari (diet tinggi protein rendah lemak) dapat menaikkan berat badan.

5. Pisang

Satu buah pisang mengandung kira-kira 108 kalori dan 7.5 gram karbohidrat. Penambahan pisang dalam menu kita dapat menaikkan berat badan.

6. Roti Selai Kacang

Tambahkan roti selai kacang dalam sarapan Bunda menambah kira-kira 192 kkalori dengan kacang sebagai diet tinggi protein nabati.

7. Kue Donat

Kue donat sangat baik untuk menambah kalori Bunda karena mengandung karbohidrat.

8. Kentang dan Jagung

Kentang dan jagung adalah sayuran yang kaya karbohidrat, vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Kentang dan jagung dapat menaikkan berat badan dan bonusnya lagi, kentang dan jagung hampir tidak mengandung lemak sama sekali.

9. Whole Grain

Yaitu makanan dari biji-bijian yang lengkap dengan kulit arinya, misalnya oat, roti gandum (berwarna coklat dan bertekstur kasar), dan beras coklat. Jenis makanan ini sangat tinggi kalori, mengandung serat, vitamin, dan mineral namun rendah lemak dan protein.

10.Daging Merah

Di samping daging merah mengandung protein tinggi, daging merah juga mengandung hormon testosteron yang pada pria memberi sinyàl pada tubuh untuk menambah massa otot sehingga akan menaikkan berat badan.

11.Susu Sapi

Segelas susu sapi murni mengandung 150 kalori dibandingkan susu skim yang mengandung hanya 90 kalori, maka susu sapi murni lebih cepat menambah berat badan.

Namun susu sapi murni juga mengandung lemak lebih banyak dibandingkan  susu skim. Lemak dalam susu sapi murni bisa berbahaya bagi kesehatan jantung bila mengkonsumsinya dalam waktu lama dan dalam jumlah yang banyak.

12.Telur Ayam

Telur  ayam murah namun tinggi protein dan mengandung vitamin A, D, E. Sebutir telur ayam mengandung kira-kira 70 kalori, 5 gram lemak, dan 6 gram protein.

13. Avocado

Sebuah avocado dapat menambah kalori Bunda sebanyak 306 kalori.

Semoga berhasil ya, Bunda, program penambahan berat badannya.

Salam sehat.



You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.