10 Yang Bisa Mengecilkan Pori-Pori Wajah

by - April 14, 2016

pori-pori wajah

Blog dr.Dini - Bagi sebagian orang memiliki wajah dengan pori-pori yang besar adalah masalah. Apalagi bila dalam pori-pori wajah tersebut tersumbat minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri. Tentu saja wajah akan tampak sangat kusam.

Bunda, simak yuk, 10 cara yang bisa mengecilkan pori-pori wajah.

1. Bersihkan wajah anda setiap hari terutama menjelang waktu tidur malam hari.
 
Tidur dengan wajah penuh minyak dan kotoran akan menghalangi proses regenerasi kulit yang      terjadi di malam hari dan menyebabkan pori-pori wajah menjadi besar.

2. Penguapan
 
Penguapan bertujuan untuk melepaskan sumbatan di pori-pori. Ini dapat dilakukan di rumah dengan mendekatkan wajah dengan mangkuk berisi air yang mendidih dengan kepala memakai handuk panjang hingga menjangkau mangkuk tersebut.

Tentu saja mangkuk yang anda gunakan haruslah mangkuk yang tahan panas. Lakukan hal ini selama 10 menit. Setelah itu, usap wajah anda dengan sebongkah kecil batu es selama 2-3 menit untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka. Lakukan perawatan ini satu kali dalam 1-2 minggu.

3. Baking Soda
 
Campurkan 1-2 sendok makan baking soda dan air lalu pijat wajah dengan gerakan memutar selama 1 menit lalu bilas wajah dengan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan 3-5 kali seminggu.   

4. Yogurt
   
Beberapa sendok makan yogurt dioleskan tipis-tipis di wajah selama 5-10 menit. Lakukan 1x seminggu untuk hasil terbaik. Yogurt mengandung asam laktat yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori. Namun jangan lakukan ini lebih dari 10 menit karena dapat mengiritasi kulit.

5. Lemon dan Nanas
 
Jus Lemon dan nanas mengandung enzim alami yang dapat mengecilkan pori-pori. Caranya basahi handuk kecil dengan campuran jus lemon dan nanas lalu letakkan di wajah selama 1 menit. Lalu bilas dengan air dingin.

6. Almond
 
Jus 8 buah almond dan beberapa sendok yogurt plain lalu jadikan masker selama 15-20 menit. Bilas dengan air.

7. Putih Telur
 
Putih telur digunakan untuk masase wajah lalu setelah kering, bilas. Lakukanlah satu kali seminggu.

8. Jus Timun
 
Jus sebuah timun dan beberapa sendok air mawar lalu dinginkan jus di dalam kulkas selama 30 menit paling sedikit. Oleskan dengan menggunakan kapas. Setelah 20 menit, bilaslah.

9. Masker Lumpur
 
Naah kalau masker ini pasti anda sudah sering mendengar dan bahkan ada yang sudah rutin menggunakannya.

Masker lumpur membersihkan minyak di dalam kulit, mengecilkan pori-pori, menghaluskan wajah, dan mendetoksifikasikan racun-racun di wajah yang dapat merusak wajah. Namun jangan gunakan masker ini terlalu sering karena dapat mengiritasi wajah dan membuat kulit menjadi kering.

10. Diet Seimbang
 
Diet kaya serat (buah, sayur) dan rendah lemak dan protein. Hindari minuman yang manis dan mengandung kafein kalau bisa.

Perbanyak minum air putih. Saran saya buah jeruk adalah buah yang sangat baik untuk kesehatan kulit karena jeruk dapat merangsang pembentukan kolagen yang meningkatkan elastisitas kulitmengecilkan pori-pori, menyamarkan kerutan dan garis halus.

Tentu saja hasil yang sempurna tidak didapatkan secara instan. Jadi, Bunda harus melakukannya secara rutin.

Semoga bermanfaat ya, Bunda.
  
 

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.