Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

by - April 01, 2016


Blog dr.Dini - Siapa yang tidak kenal dengan buah yang mempunyai nama latin yang cantik Morinda citrifolia , atau yang biasa kita sebut buah mengkudu.

Buah mengkudu sudah tidak asing lagi sebagai obat herbal berbagai jenis penyakit. Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan terkait dengan bukti ilmiah pada penelitian, uji klinis, dan zat fitofarmaka yang terkandung dalam buah mengkudu tersebut.

Dikatakan bahwa buah mengkudu mengandung sekitar 200 jenis zat fitofarmaka yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan terkait dengan zat fitofarmaka yang terkandung dalam buah mengkudu tersebut adalah sbb :


1. Asam octanoat (caprylic) yang merupakan asam lemak, bermanfaat sebagai zat anti jamur,

2. Asam heksanoat, bermanfaat sebagai anti jamur dan antioksidan,

3. Asam kaproat, bermanfaat sebagai anti jamur,

4. Vitamin C, E, dan Niasin, bermanfaat sebagai antioksidan,

5. Mangan dan Selenium, bermanfaat sebagai sumber mineral,

6. Asam asperulosidat, sebagai anti bakteri,

7. Quercetin (flavonoid), bermanfaat sebagai penghambat pembentukan lemak dan anti peradangan,

8. Damnacanthal (antraquinon), bermanfaat sebagai anti kanker,

9. dan zat-zat fitofarmaka lainnya.


MANFAAT BUAH MENGKUDU UNTUK KESEHATAN secara umum yaitu :

1. ANTI BAKTERI
Aktivitas buah mengkudu sebagai anti bakteri tergolong sangat luas. Buah mengkudu mampu membunuh berbagai jenis bakteri seperti :
  1. Escherichia coli penyebab diare,
  2. Salmonella typhi penyebab demam tifoid (tifus),
  3. Vibrio cholera penyebab penyakit kolera,
  4. Klebsiella pneumonia penyebab radang paru-paru,
  5. dan berbagai jenis bakteri lainnya.
2. ANTI JAMUR

Buah mengkudu mampu membunuh beberapa jenis jamur di antaranya :
  1. Candida albicans,
  2. Aspergillus niger,
  3. Trichophyton mentagrophytes,
  4. Aspergillus flavus,
  5. Rhizopus sp,
  6. Mucor sp, dll.
3. ANTIOKSIDAN

Aktivitas buah mengkudu sebagai antioksidan mirip dengan bubuk biji anggur. Buah mengkudu dapat mengendalikan fungsi sel melanin, menghambat penuaan akibat sinar matahari (photo aging), dan menghambat timbulnya pigmentasi kulit sehingga menjadikan kulit lebih cerah.

Karena sifatnya tersebut, buah mengkudu disebut-sebut sebagai salah satu makanan yang bersifat anti aging.

Buah mengkudu dengan sifat antioksidannya ini, dapat menghambat penimbunan Trigliserida (asam lemak) dan kolesterol jahat LDL sehingga buah mengkudu digunakan pula sebagai suplemen anti obesitas yang dapat menurunkan berat badan tanpa efek samping.

4. ANTI PERADANGAN

Manfaat buah mengkudu sebagai makanan anti peradangan telah terbukti secara klinis, lebih baik aktivitasnya dari obat anti peradangan non steroid tanpa efek samping.

5, ANTI RADANG SENDI (ARTHRITIS)

Manfaat buah mengkudu untuk mengobati radang sendi dikaitkan dengan kandungan flavonoid dan fenol yang terkandung di dalamnya.

6. ANTI KANKER

Sebagian besar komponen alami yang terdapat dalam buah mengkudu dapat bersifat anti kanker, seperti misalnya :
  1. zat polisakarida sulfat dapat menghambat terjadinya metastasis kanker, 
  2. zat damnacanthal menghambat pembentukan tumor, 
  3. asam ursolik menghambat pertumbuhan sel kanker, dan 
  4. zat alizarin menghambat sirkulasi darah yang menuju ke sel tumor ganas (anti angiogenik).
7. MENGONTROL KADAR GULA DARAH PADA DIABETES

Manfaat buah mengkudu untuk mengontrol kadar gula darah tinggi pada diabetes melitus dikaitkan dengan pengaruhnya terhadap sel beta pankreas. Sel beta pankreas akan meningkatkan produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

8. MENINGKATKAN DAYA INGAT

Manfaat buah mengkudu untuk meningkatkan daya ingat terkait dengan aktivitasnya dalam menghambat enzim asetilkolinesterase dan meningkatkan peredaran darah ke otak.

Namun manfaat buah mengkudu untuk meningkatkan daya ingat masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

9. MENINGKATKAN KEPADATAN TULANG PADA OSTEOPOROSIS

Salah satu penelitian mempelajari tentang efek konsumsi buah mengkudu 2 x sehari selama 3 bulan yang disertai dengan konsumsi suplemen kalsium pada orang yang osteoporosis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan kepadatan tulang dan penurunan aktivitas sel osteoklas.

10. ANTI VIRUS

Telah diteliti manfaat buah mengkudu sebagai anti virus. Dikatakan bahwa komponen damnacanthal pada buah mengkudu dapat menghambat aktivitas virus HIV. Namun ini masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

11. MENGOBATI PENYAKIT PSORIASIS

Psoriasis adalah penyakit peradangan pada kulit yang disebabkan karena proses auto-imun (penyakit muncul sebagai akibat dari reaksi sistem kekebalan tubuh).

Buah mengkudu pernah dilaporkan menyembuhkan penyakit kulit psoriasis jika dikombinasikan dengan obat metotrexat. Namun beberapa penelitian mengemukakan bahwa buah mengkudu dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Psoriasis adalah penyakit auto-imun yang akan meningkat perjalanan penyakitnya jika mengkonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itu, manfaat buah mengkudu untuk mengobati psoriasi harus diteliti lebih jauh lagi.

12. MENURUNKAN KADAR ASAM URAT DARAH

Buah mengkudu mempunyai efek menurunkan kadar asam urat darah pada penyakit gout (penyakit asam urat). Namun komponen bioaktif dan mekanisme kerja buah mengkudu dapat menurunkan kadar asam urat masih perlu penelitian lebih lanjut.

13. MENGHILANGKAN MUAL MUNTAH

Manfaat buah mengkudu untuk menghilangkan mual muntah pada orang yang baru menjalani operasi sudah diuji coba dan hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi buah mengkudu tidak mengalami mual muntah dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi buah mengkudu.

14. MENGOBATI ULKUS PEPTIK

Manfaat buah mengkudu untuk mengobati ulkus peptik terkait dengan aktivitasnya dalam mencegah refluk gastro-esofagel (GERD) dan mengurangi pembentukkan luka di lambung. Aktivitas buah mengkudu terhadap saluran pencernaan (lambung) mirip dengan obat-obatan anti maag.

15. ANTI NYERI

Buah mengkudu juga bermanfaat sebagai agen anti nyeri terhadap berbagai penyakit dan peradangan.

Buah Mengkudu telah digunakan untuk pemeliharaan kesehatan dan pencegahan beberapa penyakit termasuk penyakit kulit, saluran pencernaan, otak, hati, jantung, dan kanker. Sampai saat ini, dosis harian yang dianjurkan adalah 2 gram buah mengkudu per hari.

Belum ada penelitian lebih lanjut tentang komponen bioaktif, mekanisme kerja yang pasti buah mengkudu dapat melawan penyakit-penyakit tersebut, dan efek samping yang dapat ditimbulkan.

Demikianlah  berbagai manfaat buang mengkudu yang sudah teruji klinis dan yang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.😉








You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.