Keluhan Penyakit Ginjal Yang Paling Sering

by - April 01, 2016

keluhan penyakit ginjal, penyakit ginjal, frequent symptoms of renal disease, renal disease

Blog dr.Dini - Kali ini simak yuk info tentang keluhan penyakit ginjal yang paling sering. Jika kita mengetahui tanda-tanda penyakit ginjal, dan suatu saat (mudah-mudahan tidak) ada anggota keluarga kita atau teman kita yang mempunyai gejala ini, kita bisa mengetahuinya.

Karena biasanya untuk tahap awal penyakit ginjal, banyak orang yang tidak menyadarinya. Bahkan terkadang penyakit ginjal ini muncul tanpa keluhan sebelumnya. Mereka baru menyadari setelah melakukan General Check Up pada saat hasil cek lab menunjukkan kadar ureum dan kreatinin meningkat.

Keluhan penyakit ginjal dapat bermacam-macam pada tiap orang tergantung di mana letak kelainannya dan perjalanan penyakitnya.

Keluhan penyakit ginjal yang paling sering adalah sbb :

1. KELUHAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN SALURAN KEMIH

Keluhan buang air kecil seperti rasa nyeri saat buang air kecil (disuria), rasa kebelet ingin buang air kecil (urgensi), sebentar-sebentar ingin buang air kecil (frekuensi), dan rasa nyeri perut di bawah pusar, yang biasanya timbul karena adanya iritasi akibat infeksi saluran kemih.

Keluhan penyakit ginjal tersebut di atas terkait infeksi saluran kemih yang bisa disebabkan oleh adanya kelainan bawaan saluran kemih, pembesaran prostat pada pria lansia, adanya batu saluran kemih, dan kelainan kebidanan dan kandungan.

Keluhan penyakit ginjal seperti sering buang air kecil di malam hari (nokturia) biasanya terjadi karena adanya iritasi atau peradangan saluran kemih bagian bawah. Normalnya, jumlah buang air kecil pada siang hari lebih banyak daripada malam hari.

2. BENGKAK

Keluhan penyakit ginjal yang paling sering disadari seseorang adalah bengkak pada kaki, bengkak pada kelopak mata terutama saat bangun tidur, atau bahkan bengkak pada seluruh tubuh (edema anasarka).

Keluhan bengkak biasanya terjadi pada penyakit gagal ginjal. Pada gagal ginjal, ginjal tidak mampu menghasilkan pembuangan sisa metabolisme tubuh melalui urin. 

Bengkak bisa terjadi pada berbagai keadaan penyakit selain gagal ginjal, seperti pada sindrom nefrotik, retensi garam dan air karena konsumsi garam yang berlebihan, pemakaian obat diuretik, gagal jantung, penyakit hati kronis, dan kekurangan gizi.

3. NYERI

Keluhan penyakit ginjal berupa nyeri terjadi karena adanya kelainan sepanjang saluran kencing (dari ginjal sampai uretra). 

Nyeri pinggang pada penyakit ginjal seperti rasa pegaldi pinggang dan kadang disertai dengan keluhan nyeri perut bagian depan. Gejala sakit pinggang ini biasanya karena penyakit ginjal karena adanya infeksi akut atau batu ginjal.

Nyeri yang disebabkan batu ginjal biasanya hilang timbul, terasanya di bagian pinggang lalu menjalar ke perut dan paha. Nyeri yang hilang timbul ini disebut juga kolik ginjal.

4. GEJALA PENURUNAN FUNGSI GINJAL

Adanya gejala penurunan fungsi ginjal biasa terjadi pada penyakit gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. 

Tanda telah terjadi penurunan fungsi ginjal pada gagal ginjal akut :
  1. Tidak bisa buang air kecil karena tidak ada produksi urin dari ginjal (anuria), dan
  2. Jumlah urin kurang dari 500 mL/24 jam. 
Sedangkan tanda penurunan fungsi ginjal pada gagal ginjal kronik berupa sering buang air kecil (polakisuria) dan jumlah urin sedikit (oliguria).

Pada gagal ginjal kronis didapatkan keluhan lain seperti :
  1. Sesak napas,
  2. Anemia,
  3. Gatal,
  4. Mual,
  5. Nafsu makan menurun, dan atau
  6. Kesemutan
5. KENCING DARAH

Buang air kecil yang dicampur darah disebut hematuria dapat jelas terlihat dengan kasat mata (makroskopik) atau hanya terlihat jika diperiksa di bawah mikroskop (mikroskopik).

Warna urin dapat berwarna merah muda sampai merah kecoklatan.

Hematuria mikroskopik biasanya karena infeksi saluran kemih, batu ginjal yang kecil, dan penyakit ginjal polkistik. Sedangkan hematuria yang langsung dapat terlihat kasat mata biasanya disebabkan karena penyakit ginjal Sindrom Nefrotik Akut atau Glomerulonefritis (radang ginjal).

Inilah keluhan penyakit ginjal yang paling sering dan biasanya membawa seseorang berobat ke Dokter.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.