Berbagai Penyakit dan Kelainan Kuku Clubbing Finger

by - April 01, 2016


Blog dr.Dini - Tahukah Anda bahwa beberapa kelainan kuku clubbing finger dapat menjadi suatu pertanda bahwa sedang terjadi proses perjalanan penyakit serius, yang bisa saja berbahaya jika terlambat mendapat pengobatan ?

Clubbing finger atau bisa disebut jari tabuh adalah kelainan kuku di mana kuku terlihat gembung dan membulat. kelainan bentuk kuku membulat ini merupakan tanda dari berbagai penyakit serius yang mendasarinya.

Berbagai penyakit yang mendasari kelainan kuku clubbing finger adalah sbb.

1. PENYAKIT SALURAN PENCERNAAN
Penyakit saluran pencernaan misalnya gangguan penyerapan nutrisi makanan akibat gangguan usus (malabsorpsi), kolitis ulseratif, sirosis hati, Chron's disease, dan Sindrom hepatopulmoner (akibat kompliksi dari sirosis hati), dapat menimbulkan gejala clubbing finger.

Malabsorpsi
Malabsorpsi saluran pencernaan adalah keadaan di mana saluran pencernaan gagal menyerap nutrisi yang terdapat dalam makanan. Penyebab malabsorpsi saluran cerna adalah infeksi saluran cerna yang kronis, kelainan mukosa saluran cerna, defisiensi enzim pencernaan, dan cacat struktural dari saluran cerna.

Kolitis Ulseratif
Kolitis ulseratif adalah proses peradangan yang terjadi pada usus besar (kolon) dan rektum yang merupakan pertanda penyakit kronis yang akan memicu munculnya luka (tukak) pada dinding usus besar sehingga mengakibatkan buang air besar berdarah.

Sirosis Hati
Sirosis hati adalah kerusakan hati yang sudah berlangsung lama yang menyebabkan perlukaan pada organ hati. Perlukaan hati ini tidak bisa sembuh dan tidak bisa diperbaiki bahkan semakin lama semakin meluas membuat kerusakan hati yang lebih parah.

Pada akhirnya sirosis hati membuat hati rusak sama sekali, menjadi gagal hati. Hati yang rusak tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, dalam memproses nutrisi, hormon, obat, dan zat racun dalam tubuh. Pengobatan sirosis hati adalah transplantasi hati.

Chron's Disease
Chron's disease adalah penyakit inflamasi yang dapat menyerang seluruh saluran pencernaan mulai dari mulut sampai anus, namun paling sering menimbulkan peradangan pada usus halus dan usus besar. Penyebab Chron's disease tidak diketahui.

2. PENYAKIT JANTUNG

Sebagian besar penyakit jantung kronis yang tidak mendapatkan pengobatan akan menyebabkan hipoksia berkepanjangan.

Hipoksia
Hipoksia adalah keadaan di mana tubuh kita kekurangan oksigen. Keadaan hipoksia berkaitan dengan peningkatan jaringan ikat di dasar kuku sehingga terbentuk clubbing finger..

Tetralogi Fallot
Penyakit jantung bawaan misalnya Tetralogi Fallot juga menjadi salah satu penyakit yang mendasari  terjadinya clubbing finger. Tetralogi fallot melibatkan 4 kelainan anatomi jantung. Biasanya tetralogi fallot ini menjadi penyebab bayi lahir biru (seluruh tubuh bayi berwarna biru saat baru dilahirkan). Pembedahan adalah satu-satunya jalan untuk menangani tetralogi fallot ini.

Endokarditis Bakterial
Selain tetralogi fallot, penyakit jantung yang menyebabkan terjadinya clubbing finger adalah endokarditis bakterial yaitu radang/inflamasi bagian mukosa jantung yang paling banyak menyerang katup jantung. Endokarditis bakterial disebabkan karena infeksi bakteri yang mempengaruhi jantung.

Biasanya endokarditis bakterial dipicu oleh kelainan fungsi katup jantung yang sudah terjadi sebelumnya yang disebabkan oleh demam rematik.

3. PENYAKIT PARU

Penyakit paru yang berkaitan dengan jari tabuh atau clubbing finger ini adalah kanker paru, Tuberkulosis (TBC) dengan komplikasi, abses paru, empiema, bronkiektasis, dan penyakit selaput paru (pleura) mesotelioma.

Kanker Paru
Kanker paru disebut juga karsinoma paru, yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel tumor ganas yang berkembang dalam paru-paru, menimbulkan hipoksia yang akhirnya memicu terbentuknya clubbing finger.

Tuberkulosis paru
Tuberkulosis paru adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. TBC paling sering mempengaruhi paru-paru yang menyebabkan keadaan hipoksia. Namun TBC juga dapat menyerang organ tubuh lainnya.


Abses Paru, Empiema, Bronkiektasis
Abses paru, empiema, bronkiektasis adalah sekelompok penyakit paru yang menghasilkan produk nanah dalam jaringan paru.


Mesothelioma
Mesothelioma adalah kanker yang jarang terjadi, terdapat pada jaringan pleura (selaput paru), Gejala klinis mesothelioma yang paling sering adalah sesak napas akibat adanya cairan di antara paru dan selaput paru.


4. PENYAKIT GRAVE

Penyakit Grave juga menimbulkan kelainan kuku clubbing finger. Penyakit Grave adalah kelainan kelenjar gondok yang bersifat auto-imun (sel imun tubuh menyerang tubuh sendiri). Penyakit Grave biasanya menjadi salah satu penyebab dari peningkatan hormon tiroid dalam tubuh (hipertiroid).

Inilah berbagai penyakit yang berhubungan dengan kelainan kuku clubbing finger. Masih terdapat beberapa penyakit yang berhubungan dengan kelainan kuku ini namun yang Saya sebutkan di atas adalah penyakit yang cukup sering terjadi.

Setelah mengetahui berbagai penyakit dan hubungannya dengan kelainan kuku clubbing finger ini, segera konsultasikan ke Dokter, yaa, jika buah hati Anda atau ada anggota keluarga yang lain memiliki bentuk kuku seperti clubbing finger ini.

Semoga bermanfaat.


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.