Benarkah Pil KB Meningkatkan Risiko Kanker Payudara?

by - April 01, 2016


Blog dr.Dini - Apakah Anda menggunakan pil KB? Benarkah pil KB meningkatkan risiko kanker payudara?

Dikatakan dari berbagai sumber bahwa pil KB bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Meskipun banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara, pemakaian pil KB adalah salah satunya.

Sudah banyak penelitian tentang hal ini dan dapat disimpulkan wanita yang menggunakan pil KB meningkatkan risiko kanker payudara 50% dibandingkan wanita yang tidak menggunakannya. 

Kenapa pil KB bisa meningkatkan risiko kanker payudara? 

Ini terkait dengan hormon yang terkandung dalam pil tersebut. Pil KB biasanya mengandung hormon kombinasi estrogen dan progestin untuk 'memblok' kehamilan.
Semakin tinggi dosis hormon estrogen, semakin besar risiko yang ditingkatkannya. Bahkan pil KB yang hanya mengandung hormon progestin pun dapat meningkatkan risiko namun tidak banyak. Hormon ini merangsang sel-sel payudara untuk bermutasi menjadi sel-sel kanker.

Mengapa bila dapat meningkatkan risiko kanker payudara, pil KB masih diproduksi bahkan dianjurkan oleh tenaga kesehatan?

Para ahli setuju bahwa wanita muda, tanpa riwayat keluarga yang terkena kanker payudara dan tanpa adanya gen abnormal BRCA1 atau BRCA2 (pemeriksaan genetik), memiliki risiko kanker payudara bila ia menggunakan pil KB, hanya kurang dari 2%.

Maka sebaiknya Anda yang memiliki riwayat keluarga atau gen abnormal tersebut, tidak memilih pil KB untuk kontrasepsi.

Ada beberapa penelitian menyimpulkan bahwa risiko kanker payudara ini akan berkurang otomatis setelah menghentikan penggunaanya. Dan setelah 10 tahun berhenti, risikonya menjadi 0 seperti tidak pernah mengģunakannya.

Inilah info tentang Benarkah Pil KB Meningkatkan Risiko Kanker Payudara?

Semoga bermanfaat.





You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.